Rabu, 16 Agustus 2017

Destinasi Wisata Pontianak

Pontianak, sebuah ibukota dari Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia juga memiliki destinasi wisata yang bisa di kunjungi jika kamu berkunjung ke kota ini. Pontianak yang terkenal sebagai kota Khatulistiwa karena kota Pontianak dilalui oleh garis Khatulistiwa. Pontianak sendiri juga di lalui oleh dua sungai yang menjadi ikon dari Kota ini yaitu Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Tahukah kalian nama Pontianak berasal dari bahasa Melayu yang dipercaya ada kaitannya dengan kisah Syarif Abdurrahman yang merupakan sultan pertama Kerajaan Pontianak yang sering di ganggu oleh kuntilanak ketika dia menyebrangi sungai Kapuas. Menurut cerita, Syarif Abdurrahman menembakkan meriamnya untuk mengusir hantu tersebut sekaligus menandakan wilayah kesultanan didirikan. Hotel Ngetop punya beberapa rekomendasi destinasi wisata di Pontianak bagi kamu yang suka berwisata:

1. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang merupakan obyek wisata alam yang berupa pantai yang berpasir putih dan panjang. Pantai ini terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang. Pantai yang membentang 3 kilometer ini memiliki pasir putih yang cantik dan ombak yang tenang. Keistimewaan dari pantai ini adalah para wisatawan juga dapat melihat kepulauan Pulau Lemukatun, Pulau Kabung dan Pulau Randayan yang dibatasi oleh laut Natuna. Dipantai ini wisatawan dapat berolahraga seperti voli pantai atau sepak bola pantai.

2. Taman Alun-Alun Kapuas

Taman Alun-alun kapuas

Taman Alun-alun Kapuas ini terletak di pinggir Sungai Kapuas, tepatnya di depan Walikota Pontianak.  Tata letak yang terdapat di tengah kota, membuat Taman Alun-Alun Kapuas ini mudah di kunjungi dari arah mana saja. Jika kamu ingin berkunjung ke Taman Alun-Alun Kapuas ini ada baiknya datang pada sore hari menjelang malam karena mempunyai pemandangan yang indah.

3. Kampung Beting

Kampung Beting

Kampung Beting, secara geografis kampung ini berlokasi di Kecamatan Pontianak Timur, tepatnya diantara Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Kampung ini sangat unik karena di bangun diatas sungai dengan jembatan kayu sebagai penghubung dari rumah ke rumah. Kebiasaan dari masyarakat Kampung Beting pun masih sama seperti dahulu, melakukan aktivitas yang melibatkan sungai dalam keseharian mulai dari mandi, mencuci  hingga transporatasi umumnya menggunakan Sampan untuk menyebrangi Kota Pontianak.

4. Vihara Bodhisatva Karaniya Meta

Vihara Bodhisatva Karaniya Meta

Vihara Bodhisatva Karaniya Meta, dahulu vihara ini lebih di kenal sebagai kelenteng tiga atau thian Hou Keng. Bangunan ini telah berdiri pada zaman Dinasti Kang Hie pada tahun 1645-1772. Lokasi dari Vihara ini berada di Jl. Sultan Muhammad Kampung Darat Sekip. Letak dari Kelenteng ini tepat di ujung pertemuan ruas jalan Sultan Muhammad dan Gusti Ngurah Rai, Pontianak.

5. Keraton Kesultanan Kadariyah

Keraton Kesultanan Kadariyah

Jika kamu ingin mengetahui kerajaan di Pontianak, tempat yang cocok untuk dikunjungi adalah Keraton Kesultanan Kadariyah. Istana atau Keraton Kesultanan Kadariyah ini merupakan peninggalan kesultanan Pontianak yang didirikan oleh Sultan Syarif Abdurrahman pada tahun 1771, terletak 4 kilometer pusat kota dan kampong dalam Bugis. Di istana ini masih menyimpan berbagai peninggalan seperti Singahsana, Kaca Pecah Seribu dan Al-Quran tulisan tangan dan salsilah saat peninggalan Sultan Syarif Abdurrahman.

Itu tadi lima rekomendasi tempat wisata jika kamu sedang berlibur di kota Khatulistiwa Pontianak. Ketika berlibur ke Pontianak jangan lupa untuk memesan penginapan untuk bermalam di hotel Pontianak, Golden Tulip Pontianak yang terletak di Jl. Teuku Umar No.39, Kalimantan Barat yang memiliki fasilitas lengkap dengan pelayanan yang ramah.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Text Widget

Copyright © TOP HOTEL | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates